Rabu, 13 Juli 2011

Fable III


Fable III
oleh: sikojek

Share0diggBuzz

Page 1














Fable III telah dirilis dan hasilnya benar-benar berhasil memenuhi harapan para penggemarnya. Selain memiliki banyak kemiripan dengan pendahulunya, Fable III memiliki format jalan cerita yang jauh lebih menarik, mudah diakses oleh siapa saja dan bisa dinikmati oleh siapa saja. Tapi kalau kamu hanya menyebut game tersebut sebagai versi yang disempurnakan belaka, maka itu bisa dikatakan sebagai sebuah hinaan untuk Fable III. Kenapa? Karena Fable III telah menawarkan sejumlah penyempurnaan yang cukup inovatif, beberapa momen yang sangat bagus dan emosional serta masih banyak lagi keseruan lainnya.





























Dikisahkan setengah abad telah berlalu semenjak kejadian di Fable II. Zaman industrial telah muncul di Albion, tapi semuanya itu dilengkapi dengan penindasan, putus asa dan juga kelaparan. Anak-anak semua dipekerjakan di pabrik dan para pengemis memenuhi jalanan yang penuh dengan kotoran. Seorang pemimpin yang tidak kenal belas kasihan, anak dari karakter utama di Fable II, duduk di atas singgasananya dan memeras semua yang bisa ia dapatkan. Albion sekarang membutuhkan seorang pahlawan baru dan disinilah peran kamu muncul. Sebagai saudara laki-laki atau perempuan dari raja yang berkuasa selama ini, merupakan tugas kamu untuk mengumpulkan pasukan yang banyak untuk menggulingkan kepemimpinan dari sang raja dan memberikan kembali harapan kepada Albion.

Memang Fable III memiliki jalan cerita yang mirip seperti dongeng. Desain permainannya sendiri juga sangat persis dengan game-game Fable sebelumnya. Kamu akan menjalankan misi, bertarung melawan hobbes, mengumpulkan sejumlah barang-barang tersembunyi dan menjelajahi dunia yang begitu luas dan fleksibel serta dipenuhi dengan elemen humor ala Inggris. Sekarang, semuanya sudah jauh lebih teratur dan lebih tradisional dibandingkan sebelumnya.






























Sekarang, yang berhasil membuat Fable III ini terasa unik adalah karena adanya lapisan politik yang melingkupi Fable ini. Tujuan utama dari game tersebut sekarang adalah mengumpulkan pengikut sebanyak mungkin sehingga kamu bisa melangkah selangkah lebih maju lagi, sehingga otomatis kamu akan bisa membuka elemen permainan baru, meng-upgrade karakter kamu dan pada akhirnya, bisa menggulingkan sang raja lalim tersebut. Sebenarnya mirip dengan upaya kamu di dalam dunia politik. Dengan menyelesaikan misi, memberikan uang kepada para pengemis, bersalaman tangan dan membuat janji kepada para pemimpin-pemimpin yang penting di dunia merupakan salah satu cara kamu untuk membuktikan bahwa diri kamu memang pantas untuk disebut sebagai pahlawan.

Setelah semua itu selesai terlaksana, permainanpun menjadi lebih menarik lagi. Tidak seperti kebanyakan game-game dongeng yang ada, menjadi raja ataupun ratu tidak akan secara otomatis mengakhiri semuanya. Semua janji yang sudah pernah kamu berikan kepada masyarakat dan orang-orang yang sudah pernah kamu jumpai sebelumnya akan menagih janji kepada kamu dan sudah merupakan tugas kamu lah untuk memenuhi janji tersebut. Ini merupakan salah satu bagian dari game tersebut yang berhasil membuatnya unik serta bisa mendorong gamer untuk mengambil keputusan yang sesungguhnya dengan konsekuensi yang juga sudah siap menunggu gamer.






























Walau Fable III bukanlah game yang sulit, tapi menurut kami yang membuat game ini menarik bagi kami adalah bahwa keputusan yang kamu ambil itu memiliki konsekuensinya tersendiri. Pasalnya, keputusan yang telah kamu ambil itu akan memberikan efek sebab akibat yang tidak dikira-kira dan kadang kala, beberapa konsekuensi yang ada akibat keputusan yang telah kamu ambil itu bisa menyebabkan kerugian pada beberapa pihak. Sama sekali tidak ada jalan yang mudah untuk memecahkan masalah tersebut. Sekarang, posisi kamu sebagai seorang pemimpin pun akan diuji, apakah kamu cocok untuk menjadi pemimpin atau tidak. Disini, kamu bisa memilih apakah kamu ingin menjadi baik atau jahat, tapi sebenarnya yang menjadi pertanyaan utama disini, kebanyakan waktu lebih kepada apa yang secara moral kamu rasakan merupakan hal yang benar.




Sebenarnya bagian pengambilan keputusan tersebut serta elemen cerita yang benar-benar bagus dalam Fable III bisa menjadi lebih mantap lagi. Tapi masalahnya adalah, semuanya itu terganggu dengan adanya tindakan-tindakan dan ketidakcocokan aktivitas yang bisa kamu lakukan disini. Seperti halnya game-game Fable sebelumnya, game ini masih tetap memiliki semua elemen seperti canda yang gila dan tidak masuk akal serta banyak sindiran-sindiran lain. Sering sekali kamu akan diberikan pilihan untuk melakukan tindakan tak bermoral ke orang-orang yang ada di sekitar. Walau memang hal tersebut menambahkan nuansa cerah dan kocak, tapi kadang hal tersebut justru membuat hati berpikir, apakah kalau hal tersebut dilakukan terhadap kamu, kamu akan senang?































Kebebasan yang sebebas-bebasnya yang diberikan oleh game ini merupakan kekuatan utama dan juga sumber dari sejumlah masalah yang ada pada game ini. Saking besar dan fleksibelnya dunia yang kamu jelajahi ini, sampai-sampai kamu bisa mendapatkan kebebasan untuk melakukan apapun yang kamu inginkan. Membentuk keluarga, melakukan pembunuhan, mendapatkan pekerjaan yang aneh, berperan menjadi pedagang atau mengkustomisasikan penampilan karakter kamu, semuanya itu disediakan dalam game ini dan nantinya Albion akan menanggapi semua tindakan kamu itu. Nah, masalah pun timbul disini, dimana sering sekali percakapan yang telah kamu lakukan sebelumnya, terus menerus terulang dan hal tersebut sering membuat kami merasa agak kesal.

Untungnya, Fable III ini benar-benar bagus dan menyenangkan untuk dimainkan. Game tersebut secara keseluruhan telah didesain sedemikian rupa sehingga bisa diakses oleh siapa saja. Dunianya yang begitu luas merupakan salah satu penyempurnaan terbesar yang pernah dilakukan dan menurut kami merupakan kekuatan utama untuk Fable III. Kali ini, kamu juga tidak akan lagi menemukan adanya elemen RPG tradisional seperti health bar, skill tree dan tidak ada peningkatan level. Pertempuran disini akan membantu merubah diri kamu seiring dengan semakin banyaknya pengikut yang memutuskan untuk mengikuti kemanapun kamu pergi. Semuanya itu bisa berhasil karena adanya animasi yang sangat teramat bagus.






























Nilai lebih lain dari Fable III terletak pada desain misi dan juga suaranya yang sangat mantap. Sejumlah voice work berkualitas tinggi telah direkam untuk Fable III, sampai-sampai misi kecil sekalipun jadi terasa cukup spesial. Memang benar, semua misi yang diberikan merupakan misi yang sudah biasa kamu temukan dalam game kebanyakan. Tapi di samping itu, ada juga misi-misi yang telah didesain sedemikian rupa sehingga benar-benar terlihat sempurna dan menarik untuk dijalankan.

Penjelajahan Albion juga sangat menarik, baik itu sebelum maupun sesudah petualangan utama kamu berakhir. Setelah selesai, ada banyak sekali misi sampingan yang bisa kamu kerjakan dan kalau kamu ingin mencoba peruntungan kamu, kamu juga bisa mulai mencari harta-harta terpendam yang tersebar di seluruh dunia.






























Komentar terakhir dari kami, Fable III benar-benar merupakan game yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Memang ada sedikit masalah di sana sini, tapi kami rasa itu bukanlah sebuah alasan untuk tidak memainkan game seru satu ini. Kalau kamu ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang pemimpin dan melihat dengan mata kepala sendiri apa yang menjadi konsekuensi atas keputusan kamu itu, maka game ini adalah game yang sangat cocok untuk kamu.

0 komentar:

Posting Komentar

Battlefield 3 GDC 2011 Trailer